GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

4 Wisata di Sleman Berhawa Sejuk, Cocok Buat Ngadem Bareng Pasangan

4 Wisata di Sleman Berhawa Sejuk, Cocok untuk Ngadem Bareng Pasangan
Wisata Kaliurang dikenal dengan hawa sejuknya yang nyaman untuk menyegarkan pikiran.

RepublikIndonesia.net - Mengeksplor wisata jogja seakan tidak ada habisnya. Ada banyak lokasi wisata dengan keunikannya yang tersebar di setiap kabupaten kotanya. 

Salah satunya di Kabupaten Sleman bagian utara yang menyajikan sederet lokasi wisata dengan hawa dingin dan sejuk. Lokasi wisata sejuk ini ada di kaki lereng Gunung Merapi. Keindahan alamnya pun sangat eksotis dan menawan.

Banyak sekali wisatawan dari luar Jogja yang mengincar lokasi wisata berhawa sejuk seperti ini. Tak jarang ketika akhir pekan atau selama musim liburan, sleman bagian utara penuh sesak dengan kendaraan plat luar Jogja.

Ada banyak tempat wisata berhawa sejuk di Sleman yang bisa kamu jadikan destinasi bersama keluarga. Inilah beberapa lokasi rekomendasi yang wajib kamu kunjungi.

1. Kaliurang

Tak diragukan lagi, objek wisata Kaliurang adalah salah satu objek wisata yang cukup populer di Jogja. Pengunjungnya tidak hanya dari Jogja saja, luar juga pun penuh sesak. Lokasinya tepat di lereng Gunung Merapi, sehingga suasana sejuk dengan panorama yang indah, menyatu jadi satu.

Beberapa destinasi wisata yang bisa kunjungi adalah Goa Jepang, Telaga Putri, Museum Ulen Sentalu, Gardu Pandang, ada juga Suraloka Zoo yang merupakan wisata mini zoo baru di Sleman utara.

Tak perlu bingung mencari penginapan, karena deretan penginapan, villa, hingga hotel bintang empat ada di sekitar lokasi wisata kaliurang.

2. Klangon

Lokasi wisata ini memiliki jarak sekitar 4,2 kilometer dari puncak Merapi. Dengan posisi seperti itu, maka kawasan ini termasuk dalam kawasan hawa dingin, ketika sore hari kondisi jadi berkabut.

Melihat hamparan Jogja dari lokasi ini akan terlihat sangat indah dan elok, apalagi ketika malam hari. Hamparan lampu-lampu kota yang bersinar terlihat sangat terang nan indah.

Suka kemping? Di sini juga tersedia area untuk kemping. Selain itu, para wisatawan juga bisa menghangatkan badan dengan secangkir minuman jahe khas lereng Merapi. Ada juga gardu pandang jika ingin melihat panorama dari ketinggian.

3. Kaliadem

Alternatif wisata adem lain yang bisa jadi destinasi adalah Kaliadem. Hawanya tidak kalah dingin. Saat hawa dingin datang, ademnya bisa sampai menusuk tulang.

Saat cuaca cerah, para wisatawan bisa berfoto ria di depan bunker yang berpadu dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah serta menjulang.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini, ada banyak alternatif. Bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga bisa menggunakan jasa sewa jip yang ada di sekitar lokasi.

4. Plunyon

Berbeda dengan tiga lokasi sebelumnya, Plunyon berlokasi sedikit ke bawah. Lokasinya ada di Kalikuning, Cangkringan, Sleman. Hawanya cukup sejuk. Banyak pohon-pohon menjulang tinggi di kawasan ini. 

Akhir-akhir ini, Plunyon cukup banyak dibicarakan khalayak ramai karena menjadi salah satu lokasi syuting untuk film horor yang sedang booming, yaitu KKN di Desa Penari.

Walaupun lokasinya lebih rendah, namun di lokasi ini banyak spot menarik yang sangat cocok untuk melihat keindahan serta kegagahan Gunung Merapi.

Cukup menarik bukan? Kamu sudah pernah berkunjung di lokasi wisata yang mana?



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close