GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar, Tepat, dan Akurat

Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar, Tepat, dan Akurat
Ilustrasi. Mengukur dan menghitung berat badan ideal yang benar, tepat, dan akurat.

REPUBLIK INDONESIA - Cara menghitung berat badan ideal yang benar, tepat, dan akurat ternyata memiliki metodenya sendiri. Sehingga tidak boleh asal-asalan untuk mengetahui berapa bobot tubuh tersebut.

Setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui berat badan ideal tersebut dengan akurasi dan ketepatan yang sesuai.

Jadi tak bisa sembarangan menyebut berat badan yang Anda miliki saat ini telah dikatakan ideal sebelum melakukan keempat cara seperti dijelaskan dalam artikel ini.

Cara menghitung berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal tentu akan membuat orang menjadi mudah mengontrol tubuhnya dalam beraktivitas. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, kekuatan fisik manusia akan melemah dengan sendirinya.

Terlebih jika seseorang tersebut memiliki berat badan yang tak ideal, sehingga aktivitas dan permasalahan kesehatan lain akan mudah menghambat aktivitas sehari-hari.

Karenanya, lakukan 4 cara berikut agar bisa mengetahui pasti berat badan ideal yang Anda miliki saat ini, seperti dikutip dari laman Heatline.

1. Timbangan

Jelas dan pasti, alat pertama yang bisa diandalkan untuk mengetahui berat badan adalah timbangan. Alat ini selalu menjadi pengukur bobot tubuh yang paling sering digunakan.

Sayangnya, terkadang timbangan juga tidak memiliki akurasi pengukuran yang tepat. Namun demikian, timbangan masih bisa dijadikan acuan dalam mengukur persentase berat badan.

2. Ukur lingkar pinggang

Untuk mengukur lingkar pinggang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Tidak diperlukan bantuan bermacam alat untuk menghitung berapa ukuran lingkar pinggang tersebut.

Anda bisa menggunakan pita ukur non stretch di sekitar bagian tengah tubuh diatas tulang pinggul. Adapun saat mengukur pastikan posisi pita dalam bentangan horisontal dengan mengitari area pinggang secara penuh.

3. Ukur lingkar badan

Sams halnya dengan mengukur lingkar pinggang, untuk mengukur lingkar badan juga bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan memanfaatkan pita ukur yang sering digunakan oleh penjahit baju dan sejenisnya.

Pastikan mengukur secara teliti pada satuan sentimeter (CM). Meski terkesan sederhana, namun faktanya cara ini bisa diandalkan untuk mengetahui berapa ukuran lingkar badan sehingga dapat menyimpulkan apakah berat badan Anda saat ini ideal atau tidak.

4. Kaliper lipatan kulit

Menghitung berat badan juga bisa dengan kaliper lipatan kulit. Alat ukur ini bisa digunakan untuk mengetahui berapa bobot yang ideal bagi tubuh dengan mengukur ketebalan lemak di bawah lipatan kulit.

Disarankan untuk meletakkan kaliper ini di 7 titik sentral guna mengetahui ketebalan lemak ditandai munculnya lipatan-lipatan kulit, meliputi bagian Trisep, di bawah tulang belikat, dada, dekat ketiak, di atas pinggul, perut, dan paha.

Demikian cara menghitung berat badan ideal menggunakan 4 metode di atas. Jaga pola hidup sehat agar memiliki berat badan yang pas sehingga nyaman dalam beraktivitas.

Selain itu, penting juga meningkatkan kesadaran untuk rajin berolahraga serta mengonsumsi makanan-makanan bergizi dan rutin minum air putih demi kesehatan. Bila perlu, dukung juga asupan vitamin dengan konsisten makan buah dan sayuran secara berkala.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close