GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Launching Produk oleh Lansia Smart: Membangun Potensi Ekonomi dan Semangat Lansia

Launching Produk oleh Lansia Smart: Membangun Potensi Ekonomi dan Semangat Lansia
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengapresiasi hasil kreativitas melalui produk Lansia Smart. (Dok. Diskominfo Batu)

RepublikIndonesia.net - Pemerintah Kota Batu melalui Kecamatan Junrejo melakukan launching produk oleh lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif), pada Selasa (19/9/2023).

Camat Junrejo, Dian Saraswati, menjelaskan bahwa di Kecamatan Junrejo masih ditemukan lansia-lansia yang kurang beruntung dalam ekonominya, meskipun saat ini dari Pemkot Batu juga telah memberikan BLT berupa uang tunai dan juga program UHC untuk kesehatan masyarakat.

“Kami membuat gagasan untuk membantu para lansia yang memang secara ekonomi masih kurang pendapatan, untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya melalui kegiatan 'Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Ekonomi Kreatif Menuju Lansia SMART Kecamatan Junrejo',” ungkap Dian. 

Dian membuat gagasan ini untuk memenuhi targetnya dalam meningkatkan kesejahteraan lansia di Kota Batu. Salah satunya dengan membentuk komunitas lansia dan memberikan pelatihan membuat batik shibori untuk para lansia pada 23-24 Agustus 2023 lalu. Hasilnya, semua diperkenalkan kepada masyarakat melalui acara kali ini. 

"Dengan pemberdayaan melalui Ekonomi Kreatif (Ekraf) menuju lansia SMART, harapannya dapat meningkatkan kualitas hidup, kondisi fisik/psikologis, membantu lansia percaya diri, mandiri dan produktif. Kami yakin dengan semangat yang tulus ini, kami dapat menciptakan produk-produk bernilai ekonomi di pasaran dan juga mendorong semangat positif di kalangan lansia," kata Dian.

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, sangat mengapresiasi hasil kreativitas dari inovasi ini.

“Bagian inovasi dari camat ini kita harapkan dapat menjadi ekonomi bergerak di masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa produktif dan menggerakkan roda perekonomian,“ ujar Aries.

Tidak berhenti sampai disini, Camat Junrejo mengaku jika pihaknya akan menjalin kerja sama dengan banyak hotel dan restoran, untuk memasarkan produk Batik Shibori dari para Lansia Smart ini. 

“Akan terus kita usahakan agar Lansia SMART terus memproduksi Batik Shibori dan kita jajaki pemasarannya secara offline maupun online,” ungkap Dian.

Batik Shibori sendiri merupakan salah satu jenis kain batik di Indonesia yang paling banyak digemari. Batik Shibori dibuat dengan teknik pewarnaan kain dengan memanfaatkan ikatan dan celupan untuk menciptakan motifnya. Shibori juga merupakan jenis kain yang populer di Jepang dan telah digunakan sejak zaman kekaisaran Jepang, beberapa abad lalu.




Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter