GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Menyingkap Makna Bunga tutup peti: Simbol harapan dan kedamaian Bagi Mendiang

Menyingkap Makna Bunga tutup peti: Simbol harapan dan kedamaian Bagi Mendiang
Bunga tutup peti mengandung makna mendalam, tak sekadar hiasan belaka.

RepublikIndonesia.net - Bunga tutup peti adalah tradisi yang telah berlangsung selama berabad-abad.

Bunga-bunga tersebut digunakan untuk menghiasi peti mati dan makam orang yang telah meninggal, sebagai tanda cinta, penghormatan, dan kenangan.

Namun, tahukah Anda bahwa bunga tutup peti juga memiliki makna yang lebih dalam?

Disadur dari Athaya.co.id, ada banyak jenis bunga yang lazim digunakan untuk menghiasi peti mati. Bunga-bunga tersebut juga umum dijumpai di pasaran, sehingga bukan golongan jenis yang langka.

Biasanya, bunga tutup peti tersebut dibuat sendiri oleh warga sekitar yang mengurus keperluan pemakaman. Namun ada juga yang mempercayakannya pada toko florist terdekat.

Seperti Athaya.co.id misalnya, yang melayani pembuatan bunga tutup peti siap pakai sehingga pihak keluarga mendiang tak perlu repot memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Pasalnya, sebagai toko bunga tepercaya, Athaya sudah berpengalaman untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan terkait bunga, mulai dari buket bunga hadiah, kado istimewa, hingga bunga ucapan belasungkawa.

Namun khusus bunga tutup peti tak bisa sembarangan, ada beberapa jenis bunga yang memang dianggap layak dan pantas digunakan sebagai bentuk penghormatan bagi mendiang.

Jenis bunga tutup peti dan maknanya

Bagi banyak orang, bunga tutup peti adalah simbol harapan dan kedamaian bagi mendiang. Bunga-bunga ini melambangkan kehidupan abadi dan harapan akan reuni di akhirat.

Bunga-bunga ini juga melambangkan kedamaian dan ketenangan bagi mendiang, setelah melalui perjalanan hidup yang panjang.

Berikut adalah beberapa contoh bunga tutup peti yang memiliki makna harapan dan kedamaian.

1. Bunga mawar putih

Bunga mawar putih melambangkan kesucian, kemurnian, dan kedamaian.

Bunga mawar putih sering digunakan sebagai bunga tutup peti untuk melambangkan harapan bahwa mendiang akan menemukan kedamaian di kehidupan selanjutnya.

2. Bunga lili putih

Sama halnya dengan mawar putih, bunga lili putih juga melambangkan kesucian, kemurnian, dan kedamaian.

Bunga lili putih sering digunakan sebagai bunga tutup peti untuk melambangkan harapan bahwa mendiang akan menemukan kedamaian di kehidupan selanjutnya.

3. Bunga anyelir putih

Bunga anyelir putih melambangkan cinta, kemurnian, dan kepolosan.

Bunga anyelir putih sering digunakan sebagai bunga tutup peti untuk melambangkan harapan bahwa mendiang akan menemukan kedamaian dan cinta di kehidupan selanjutnya.

4. Bunga krisan putih

Utuk jenis bunga selanjutnya adalah bunga krisan putih yang melambangkan kedamaian, ketenangan, dan kesedihan.

Bunga krisan putih sering digunakan sebagai bunga tutup peti untuk melambangkan harapan bahwa mendiang akan menemukan kedamaian di kehidupan selanjutnya.

5. Bunga anggrek putih

Jenis bunga terakhir yang bisa untuk bunga tutup peti adalah bunga anggrek putih yang melambangkan kesucian, kemurnian, dan cinta.

Bunga anggrek putih sering digunakan sebagai bunga tutup peti untuk melambangkan harapan bahwa mendiang akan menemukan kedamaian dan cinta di kehidupan selanjutnya.

Selain bunga-bunga putih, bunga-bunga berwarna pastel lainnya, seperti bunga mawar merah muda, bunga lili merah muda, dan bunga anyelir merah muda, juga sering digunakan sebagai bunga tutup peti untuk melambangkan harapan dan kedamaian bagi mendiang.

Selain makna harapan dan kedamaian, bunga tutup peti juga memiliki makna lain, tergantung pada jenis bunga dan warnanya. Misalnya, bunga mawar merah melambangkan cinta, bunga lili kuning melambangkan persahabatan, dan bunga anyelir merah melambangkan rasa hormat.

Saat memilih bunga tutup peti, penting untuk mempertimbangkan makna dari setiap bunga dan warna bunga. Anda juga dapat memilih bunga-bunga favorit mendiang atau bunga-bunga yang melambangkan hubungan Anda dengan mendiang.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close