GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Salut! Desa di Kota Batu Ini Bangun Rest Area Secara Mandiri Tanpa Libatkan Investor

Salut! Desa di Kota Batu Ini Bangun Rest Area Secara Mandiri Tanpa Libatkan Investor
Hingga awal Oktober 2023, progres pembangunan rest area Punten telah mencapai 50 persen. (Dok. Radar Malang)

RepublikIndonesia.net - Wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur, bakal dimanjakan dengan hadirnya fasilitas rest area baru.

Penambahan rest area tersebut bisa jadi bakal dimanfaatkan wisawatan saat ingin melepas penat seraya membeli oleh-oleh usai berwisata di kota berjuluk 'Swiss kecil di Pulau Jawa ' itu.

Adapun lokasi yang dipilih adalah Kecamatan Bumiaji, kawasan sentral untuk mobilitas wisatawan dari sisi Barat Kota Batu, tepatnya di Desa Punten.

Hingga berita ini diunggah, rest area yang dibangun di lahan seluas 9.000 meter persegi itu telah memasuki progres 50 persen pembangunan.

Kepala Desa Punten Hening Trisunu menjelaskan, rest area baru tersebut dibangun di atas tanah kas desa (TKD) Punten.

Trisunu menyebut, awalnya pembangunan rest area Punten tersebut hendak melibatkan investor. Hanya saja setelah dipikir ulang niatan melibatkan investor kemudian diurungkan karena faktor pendapatan asli desa (PAD) yang dinilai tak bakal maksimal.

"Awalnya mau bekerja sama dengan investor," kata dia.

Pemerintah Desa (Pemdes) Punten membangun rest area tersebut secara bertahap. Hal ini menyesuaikan anggaran yang siap digunakan untuk pembangunan.

"Kemarin membuat plengsengan sama perataan tanah," terang Trisunu dikutip Radar Malang, Selasa (10/10/2023).

Trisunu juga menambahkan, nantinya di rest area tersebut akan disediakan stand beraneka kuliner, oleh-oleh, hingga fasilitas toilet dan musholla.

Istimewanya lagi, rest area Punten bakal terintegrasi dengan sejumlah destinasi wisata yang ada di sekitar Desa Punten.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close