GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Deretan Jajanan Pasar Tradisional, Kerap Bikin Orang Kalap!

 

Jajanan pasar
Jajanan pasar 
(Dok. Ist)

REPUBLIKINDONESIA.NET - Jajan pasar tradisional turut menjadi salah satu kuliner Indonesia yang tidak boleh dilupakan. 

Jajan pasar tradisional bisa didapatkan melalui toko hingga pinggir jalan. 

Biasanya jajan pasar tradisional juga dijual di pusat perekonomian tertentu sebagai bentuk mencari penghasilan sekaligus melestarikan adat setempat. 

Ragam Jajan Pasar Tradisional yang Melegenda

Berikut ini sejumlah jajan pasar tradisional yang ada sejak zaman dulu sampai sekarang: 

1. Kue Putu 

Kue putu adalah jenis jajan pasar yang terbuat dari butiran kasar tepung beras dan parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil. Kue putu biasanya diisi dengan gula merah dan dijual dengan gerobak dengan bunyi khas.

2. Lemper 

Lemper adalah camilan ketan beras dengan isi ayam atau abon yang dibalut dengan daun pisang. Lemper merupakan jenis jajan pasar yang populer hampir di seluruh Indonesia.

3. Carabikang 

Kue carabikang terbuat dari tepung beras debfab rasa manis dan memiliki tekstur lembut dan berserat. Kue ini biasanya berbentuk seperti bunga merekah dengan warna yang cantik dan bisa ditemukan di pasar tradisional.

4. Serabi 

Serabi adalah jenis kue basah khas Indonesia yang bisa dijumpai dalam dua varian, yaitu serabi manis dengan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang dibumbui di atasnya. Jenis serabi lainnya berasal dari Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dipanggang di atas arang mirip panekuk.

5. Lumpia 

Lumpia adalah jenis jajan pasar populer yang berasal dari Semarang. Ini adalah jajanan yang terdiri dari kulit dan isian, yang umumnya terdiri dari rebung. Terdapat dua varian lumpia: lumpia basah dan lumpia kering.

6. Pastel 

Pastel memiliki rasa yang gurih dan renyah. Isinya pun beragam, ada yang isinya sayuran, ada juga yang diisi dengan tambahan telur atau daging. Pastel juga merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang populer di Indonesia.

7. Klepon 

Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Kemudian di direbus dalam air mendidih, dan setelah itu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat.

8. Apem 

Apem terbuat dari tepung beras dan campuran telur, santan, gula, tape, serta sedikit garam. Adonan apem dibakar atau dikukus dan memiliki rasa manis khas tape. Kue apem diyakini dibawa oleh Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya. Kue apem bahkan masuk dalam kekayaan budaya Jawa.

9. Cucur 

Kue cucur terbuat dari adonan tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue ini tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Makanan ini termasuk makanan adat dan umumnya ditemui di dalam upacara adat Budaya Betawi.

10. Dadar Gulung 

Dadar gulung termasuk kue basah yang terdiri dari kulit dadar tipis terbuat dari tepung. Kemudian diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa dan digulung bersama kulit. Kulit dadar gulung biasanya berwarna hijau karena diberi pewarna daun suji.

11. Risoles 

Risoles dibalut tepung panir, yang biasanya berisi sayuran. Namun, sekarang ini sudah banyak variasinya, yaitu dengan topping modern seperti keju, mayonaise, smoked beef, dan lain-lain. Risoles merupakan salah satu jenis jajan pasar yang tak kalah banyak digemari.

12. Cente Manis 

Cente manis terbuat dari hunkwe yang dibungkus dengan plastik atau dicetak dengan cetakan berbentuk bunga. Kue cente manis juga biasanya ditambahkan campuran sagu mutiara yang memberikan tampilan yang cantik dan merupakan kue khas Betawi.

13. Klapertaart 

Klapertaart merupakan kue khas Manado yang sangat populer. Kue ini terbuat dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Klappertart tersedia dalam bentuk padat yang dipanggang atau lembut menyerupai custard.

14. Onde-onde 

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan diberi taburan biji wijen. Onde-onde berasal dari Tiongkok yang kemudian menyebar ke Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

15. Nagasari 

Nagasari terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Pisang yang biasa digunakan sebagai isi adalah jenis pisang raja dan kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus.

16. Kue Lumpur 

Kue lumpur terbuat dari santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan sering kali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Inspirasi dari kue lumpur sendiri berasal dari kue khas Portugal yang disebut pasteis de nata.

17. Kue Talam 

Kue talam umumnya dibuat dengan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu atau tepung sagu. Kue talam biasanya berlapis dengan duburkan gula merah dan santan pada setiap lapisan. Lalu dipanggang atau dikukus, dihidangkan sebagai makanan atau sebagai hidangan makanan ringan.

18. Gemblong 

Gemblong terbuat dari adonan tepung ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Adonan kemudian digoreng, setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren.

19.Panada 

Panada terdiri dari adonan yang mirip dengan kue pancong dengan isi berupa suwiran ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Panada sudah ada di Minahasa sejak bangsa Spanyol memasuki wilayah ini dan merupakan camilan yang memiliki bentuk mirip paste.

20.Bolu Kukus 

Bolu kukus terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, susu, soda, dan perisa tambahan seperti vanila atau coklat. Tampilan bolu kukus mirip dengan cupcake dengan kue yang merekah dan lembut ketika masuk ke dalam mulut.

21. Kue Cubit 

Kue cubit dibuat dari campuran susu dan tepung terigu dan sangat terkenal di Jakarta serta sekitarnya. Dinamakan kue cubit karena ketika kue matang, kue ini diambil dengan alat penjepit yang akan terlihat seperti dicubit.

22. Pukis 

Pukis terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan. Kemudian dituangkan ke dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api. Pukis biasanya diberi taburan cokelat, keju, sukade, atau selai.

23. Kue Sus 

Kue sus berbentuk bundar dengan rongga berisi fla, custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus banyak dihidangkan bersama jajanan pasar lainnya.

24. Lapis Legit 

Lapis legit atau spekuk adalah salah satu jenis kue basah tradisional dari Indonesia. Kue ini terbuat dari campuran rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, adas manis, dan tepung terigu. Lapis legit memiliki rasa yang kaya rempah. Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia.

Rata-rata jajanan pasar tradisional sering juga dijadikan takjil saat bulan Ramadhan.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close