GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

5 Tips Menjalankan Bisnis Sepatu Agar Cuan, Pemula Wajib Simak!

5 Tips Menjalankan Bisnis Sepatu Agar Cuan, Pemula Wajib Simak!
Bisnis sepatu branded bisa mendatangkan keuntungan jika dijalankan dengan cara yang tepat.

RepublikIndonesia.net - Dalam artikel ini dijelaskan tips menjalankan bisnis sepatu agar cuan meskipun dilakukan oleh pemula. Pasalnya ada sejumlah hal penting yang harus dilakukan agar bisnis sepatu bisa menguntungkan dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Selain itu, beberapa tips berikut juga untuk meminimalisir kerugian akibat kualitas barang yang rusak atau kedaluwarsa, mengingat sepatu juga membutuhkan perawatan khusus agar mutunya tetap terjaga.

Oleh sebab itu, ikuti tips tersebut agar bisnis sepatu bisa cuan dan tidak mengalami kerugian. Apa saja?

Dirangkum dari beberapa sumber, sedikitnya ada 5 tips menjalankan bisnis sepatu yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Terlebih jika Anda yang baru memiliki minat untuk menjalankan bisnis ini alias sebagai pemula. Simak!

1. Kerja sama dengan pemasok sepatu original

Melakukan kerja sama dengan pemasok sepatu dari tangan pertama akan memberi 2 keuntungan, yaitu memastikan produk yang diterima asli atau original, serta bisa mendapatkan harga lebih terjangkau dibanding dari reseller lainnya.

Hal ini tentu berguna bagi pebisnis karena berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar ketika menjualnya kembali.

Namun proses memilih pemasok sepatu original harus selektif. Karena jika tidak berhati-hati justru rawan tertipu produk yang sebenarnya bukan original tetapi dijual dengan harga layaknya produk asli.

2. Tentukan segmentasi pasar dan harga

Sama halnya dengan beberapa bisnis lain, bisnis sepatu juga memerlukan langkah cermat dalam menentukan segmentasi pasar.

Hal itu berguna agar bisa memetakan target konsumen seperti apa yang cocok untuk bisnis sepatu Anda. Karena sepatu memiliki jenis dan harga yang berbeda-beda, sehingga klasifikasi calon pembeli juga harus diperhatikan agar barang laku terjual.

Dengan pemetaan target konsumen itu juga Anda bisa mengenali karakteristik, kebutuhan, dan perilaku calon pembeli dengan tepat yang sesuai produk Anda.

3. Pilih tempat jualan online dan offline yang strategis

Proses marketing bisa dilakukan dengan metode online dan offline sekaligus. Jalankan dua metode di atas bersamaan, namun tentukan mana yang seharusnya lebih diprioritaskan karena dapat menentukan efektifitas penjualan.

Untuk offline, dirikan toko di lokasi yang mudah dijangkau pembeli. Atau jika tidak memilikinya, maka memaksimalkan pola online pun bisa jadi solusi.

Lakukan proses penjualan di beberapa media sekaligus, mulai dari marketplace, e-commerce, media sosial, hingga menggunakan cara live streaming seperti yang sering dilakukan influencer pada platform yang menyediakan fitur live macam TikTok.

4. Amati strategi kompetitor

Jangan segan untuk ters mengamati strategi kompetitor yang bisa menjalankan bisnis sepatu dengan sukses. Namun tujuan pengamatan di sini agar bisa menjadi sumber inspirasi, motivasi, dan penemuan gagasan untuk diterapkan pada bisnis Anda, bukan untuk menjiplaknya secara terang-terangan.

Karena terkadang meskipun strategi dilakukan sama persis seperti yang orang lain lakukan, tetapi bisa saja hasilnya berbeda.

Untuk itu terapkan pola amati, tiru, dan modifikasi, agar bisnis Anda tetap memiliki value berbeda dibanding milik kompetitor di mata calon konsumen.

5. Lakukan strategi marketing kreatif

Jika telah mengamati strategi kompetitor seperti pada poin 4 di atas, maka langkah bijak selanjutnya adalah melakukan strategi marketing kreatif yang terus berubah menyesuaikan tren yang seang terjadi.

Terlebih metode marketing digital, jelas dibutuhkan dukungan konten-konten kreatif agar kegiatan promosi bisa menarik lebih banyak perhatian konsumen.

Buat juga gimmick strategi harga dan tema kampanye di setiap iklan pada periode waktu berbeda. Misalnya, saat momentum kemerdekaan, maka bisa melempar promo yang berkaitan dengan tema kemerdekaan seperti diskon 17 persen bagi pembelian selama periode tersebut.

Dengan menerapkan kelima tips di atas, maka meraup sukses dari bisnis sepatu adalah sebuah keniscayaan. Oleh karenanya terus lakukan inovasi dan pola bisnis yang fleksibel agar usaha sepatu bisa bertahan lama.

Namun selain hal di atas, langkah bijak yang juga mesti dilakukan adalah dengan menyebarkan identitas brand atau nama toko sehingga bisa dikenal oleh khalayak. Salah satunya dengan berpromosi dengan cara yang tepat.

Pebisnis dapat melakukan promosi ke sejumlah media di internet, seperti memanfaatkan konsep digital marketing di media sosial, marketplace, e-commerce, hingga memasang artikel di portal mainstream.

Terkait pemasangan artikel di portal mainstream, salah satu strategi paling efektif saat ini adalah dengan menerbitkan konten di media online macam Pewarta Network.  Di mana brand bisnis Anda dapat menjangkau banyak pembaca dengan jumlah tak terbatas seiring eksistensi media yang tetap terjaga.

Di Pewarta Network, bisnis Anda dapat ditayangkan ke satu atau bahkan beberapa portal media sekaligus hanya dengan sekali melakukan pemesanan.

Karena seperti diketahui, Pewarta Network merupakan ekosistem media digital di Indonesia yang membawahi sejumlah media mainstream seperti Pewarta.co.id, SuaraNasional.id, Tajam.net, dan banyak lagi lainnya, termasuk salah satunya website RepublikIndonesia.net ini.

Untuk itu, agar terhubung dengan customer service guna melakukan konsultasi terkait pemasangan iklan usaha ke jaringan media Pewarta Network silakan hubungi via kontak WhatsApp pada link ini.




Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter