GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Saat Bulan Kemerdekaan, Agustusan Panen Cuan

Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Saat Bulan Kemerdekaan, Agustusan Panen Cuan
Beragam perayaan kemerdekaan diwarnai melalui berbagai kegiatan, salah satunya lomba dan karnaval. Ini menjadi peluang bisnis bagi masyarakat yang ingin menghasilkan uang saat Agustusan.

REPUBLIK INDONESIA - Inilah sederet ide bisnis yang cocok dijalankan saat bulan kemerdekaan, yakni selama periode Agustusan.

Seperti diketahui, Agustus merupakan bulan di mana Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun kemerdekaan setiap tahunnya.

Sebagian besar masyarakat merayakan momentum ini untuk menggelar beberapa kegiatan, seperti lomba, malam resepsi/seremonial, hingga puncak upacara kemerdekaan.

Di sisi lain, momentum ini juga bisa jadi peluang untuk mendulang cuan bagi yang bisa menangkap peluang dengan baik.

Dalam artikel ini dijelaskan, ada berbagai ide bisnis yang cocok dijalankan saat bulan kemerdekaan yakni Agustus tersebut. Selain bisa ikut merasakan euforia kemerdekaan, juga sekaligus meraup untung dengan menjalankan ide bisnis tersebut.

Lantas apa saja deretan ide bisnis yang cocok dijalankan saat Agustusan tersebut? Simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Jual atribut kemerdekaan

Sudah menjadi rahasia umum jika munculnya pedagang musiman yang menjual atribut kemerdekaan selalu menandai momentum Agustusan. Di berbagai wilayah tanah air sering kita jumpai keberadaan pedagang bendera, umbul-umbul, hingga properti lain yang berkaitan dengan kemerdekaan RI.

Hal itu jelas menjadi peluang bagi pebisnis musiman yang dapat menangkap momen dengan baik. Namun perlu dilakukan dengan cepat karena durasi yang singkat akan sangat risiko barang tidak segera habis jika terlalu banyak menyediakan stok.

2. Jual kuliner ringan

Baik sebelum hingga setelah perayaan kemerdekaan seperti upacara detik-detik proklamasi, kerumunan masyarakat akan menjadi ladang uang bagi pedagang yang menjajakan kuliner ringan.

Saat massa berkerumun, tentu penganan seperti cilok, pentol bakso, hingga minuman akan menjadi buruan bagi mereka yang ingin melepas dahaga usai mengikuti serangkaian kegiatan. Terlebih jika Anda memilih tempat seperti area lomba Agustusan yang juga berpotensi menghabiskan dagangan dalam waktu relatif singkat.

3. Jual aksesoris fesyen

Dalam merayakan bulan kemerdekaan, kebiasaan masyarakat Indonesia tak hanya sekadar melengkapi atribut seperti bendera dan umbul-umbul saja. Tetapi tak menutup kemungkinan mereka akan berburu aksesoris berkaitan dengan fesyen, seperti baju, kaos, hingga busana kustom yang terkait dengan tema kemerdekaan.

Hal ini bisa menjadi peluang terutama bagi pebisnis yang bermain di sektor kreatif, seperti sablon kaos, topi, hingga merchandise kustom.

4. Persewaan busana adat

Nah, ini yang umumnya paling banyak panen duit dari momentum kemerdekaan, yakni jasa persewaan busana adat.

Para kolektor busana adat kerap kebanjiran orderan sewa busana untuk keperluan karnaval. Semakin lengkap koleksi maka semakin besar pula peluang pendapatan yang didapatkan.

5. Jasa make up karnaval

Masih ada kaitannya dengan poin 4, di mana setelah menyewa busana biasanya para peserta karnaval juga akan merias wajahnya menyesuaikan tema baju yang dikenakan.

Oleh karena itu jasa make up atau rias karnaval juga menjadi ide bisnis Agustusan yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Itulah sejumlah bisnis yang cocok dijalankan saat bulan kemerdekaan RI, terutama saat perayaan yang banyak melibatkan kerumuman massa. Di mana bisnis berpeluang meraup untung besar lantaran waktu dan tema yang tepat untuk dijalankan.

Bagaimana, tertarik ikut menjalankan beberapa ide bisnis Agustusan tersebut?

Namun perlu diingat, kendati bisnis dijalankan menyesuaikan momentum Agustusan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terus dijalankan sampai seterusnya, terlebih ketika Anda sudah mendapatkan peluang pasar.

Jadi, jangan hanya karena periode Agustus telah berlalu lantas Anda menanggalkan bisnis tersebut begitu saja. Karena sejatinya, bisnis merupakan aktivitas perdagangan yang perlu perhitungan matang, di mana yang dapat terus bertahan dalam waktu yang lama bisa disebut sebagai bisnis yang sehat dan potensial.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close