GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Pemkab Pandeglang Serukan Kemajuan Budaya Lokal di Tengah Gempuran Modernisasi

Pemkab Pandeglang Serukan Kemajuan Budaya Lokal di Tengah Gempuran Modernisasi
Kegiatan Festival Kultur Pandeglang 2023 diharapkan dapat mengenalkan budaya lokal ke generasi muda. (Dok. detikTravel)

REPUBLIK INDONESIA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menyerukan semua pihak agar bersama memajukan budaya lokal di tengah gempuran era modernisasi.

Wujud dukungan tersebut disalurkan melalui kegiatan bertajuk Festival Kultur Pandeglang 2023 yang digelar Sabtu (26/8/2023).

Adapun Festival Kultur Pandeglang 2023 kali ini mengambil tema "Tumbuh bersemi dalam deru modernisasi".

Kegiatan yang digelar di Halaman Balai Budaya Pandeglang itu menampilkan sejumlah kesenian lokal, seperti Dodod Angklung, Ubrug, Calung Renteng, Beluk, hingga beragam pertunjukan seni lainnya.

Berbagai kalangan peserta ikut terlibat dalam event tahunan ini, termasuk deretan pelajar asal Pandeglang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pandeglang Neneng Nuraeni mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk memajukan seni dan budaya lokal Pandeglang, utamanya di tengah gempuran era modernisasi.

Kami berkewajiban untuk membina semua kelompok budaya yang ada di Kabupaten Pandeglang, supaya bisa tampil di ruang terbuka," kata Neneng seperti dikutip dari detikTravel, Sabtu.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan ini akan muncul bakat-bakat muda serta mampu mempertahankan eksistensi budaya lokal di Pandeglang.

"Jadi, modernisasi ini maksudnya tumbuh berkembang di era kemajuan kebudayaan, karena kami sudah punya Perda pemajuan kebudayaan, sehingga kebudayaan lebih menyesuaikan dengan perkembangan jaman, tapi tidak menghilangkan aslinya," tuturnya.

"Jadi, anak muda sekarang diperkenalkan kepada budaya kabupaten Pandeglang yang banyak sekali, bukan hanya seni saja, tapi juga dari makanannya kemudian, cagar-cagar budaya di Pandeglang mereka juga harus tau," imbuh Neneng.

Selain diwacanakan menjadi agenda tahunan, kegiatan serupa juga tengah diupayakan Disparbud Pandeglang agar bisa digelar rutin tiap bulan di Balai Budaya Pandeglang.

"Ini mudah-mudahan kami programkan tahunan, juga nanti kita kan buat program sebulan sekali sanggar seni bisa tampil di Balai Budaya," pungkasnya.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close