GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Setop Kebiasaan Menambah Perasan Jeruk Nipis ke Soto Panas, Begini Penjelasan Ahli Gizi

Setop Kebiasaan Menambah Perasan Jeruk Nipis ke Soto Panas, Begini Penjelasan Ahli Gizi
Perasan jeruk nipis pada semangkuk soto panas ternyata berdampak pada kesehatan.

RepublikIndonesia.net - Kebiasaaan sebagian besar orang ketika menyantap semangkuk soto panas adalah menambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Rasanya memang menyegarkan.

Tapi, tahukah kamu bahwa hal tersebut ternyata sangat tidak dianjurkan? 

Perasan jeruk nipis yang ditambahkan ke dalam semangkuk soto panas memang bisa menambah cita rasa. Namun, tidak semua yang terasa enak, memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Ada sebuah fakta yang tertulis di situs Times of India, menyebutkan bahwa memeras lemon atau jeruk nipis ke dalam makanan yang masih dalam kondisi panas bisa menyebabkan efek negatif bagi kesehatan.

Pasalnya, kandungan nutrisi vitamin C yang terdapat di dalam lemon bisa mengalami penurunan ketika berinteraksi dengan hidangan dalam kondisi panas. Vitamin C memang diketahui sangat sensitif terhadap suhu panas.

Salah satu efek yang ditimbulkan adalah menghilangkan nutrisi, sebab asam askorbat di dalam vitamin C merupakan zat yang sangat peka dengan suhu tinggi, sehingga akan terdegradasi dengan sangat cepat. Jika hal itu terjadi, maka nutrisi yang terkandung di dalam vitamin C tersebut, akan hancur total. 

"Kandungan vitamin C dalam buah jeruk apa pun sangat peka terhadap panas. Alhasil, saat buah jeruk jenis apa pun, termasuk lemon, dimasukkan ke dalam makanan panas yang masih mengepul, bahan kimia yang ada di dalamnya akan hancur total. Kondisi ini, akan menghasilkan efek negatif dari vitamin C," jelas ahli gizi Namita Nadar yang dikutip dari situs Food NDTV.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam semangkuk soto

"Jadi sebaiknya tambahkan perasan lemon ke dalam makanan dalam suhu normal," tukas Nadar.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close