GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Tak Melulu Soal Tahu, Deretan Tempat Wisata di Sumedang Ini Bisa untuk Bersenang-senang

Tempat wisata di Sumedang, Jawa Barat, terpopuler 2023
Tempat wisata di Sumedang, Jawa Barat, terpopuler 2023: Danau Situ Cilembang.

RepublikIndonesia.net - Jika biasanya saat mendengar nama Sumedang identik dengan penganan khasnya yaitu tahu, namun coba rehat sejenak untuk beralih ke sektor wisata. Karena sejatinya wisata di Sumedang tak kalah menarik untuk dibahas.

Dalam artikel ini disebutkan sejumlah destinasi potensial di Sumedang yang bisa dikunjungi saat musim liburan tiba, atau saat akhir pekan.

Bagi yang belum mengetahui apa saja tempat wisata di Sumedang, maka sudah berada di laman yang tepat untuk dibaca.

Simak daftar tempat wisata di Sumedang berikut agar lebih paham dan menambah referensi destinasi untuk dituju saat liburan nanti.

Tempat wisata Sumedang terpopuler 2023

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar tempat wisata di Sumedang terpopuler 2023 yang cocok dikunjungi bersama keluarga, pasangan, maupun rekan kerja saat musim liburan.

Setidaknya ada 10 tempat wisata unggulan yang barangkali bisa menjadi rekomendasi destinasi liburan di Sumedang, Jawa Barat, apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Danau Situ Cilembang

Air danau di Situs Cilembang terkenal jernih dan bersih. Lokasinya berada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Namun ada hal yang tak boleh dilanggar dari tempat ini, yakni mandi di danau. Karena menurut informasi, air Danau Situ Cilembang juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk konsumsi minum.

Sehingga pengunjung diminta untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata ini demi kebaikan bersama.

Adapun jam buka Danau Situ Cilembang mulai 07.00-16.00 WIB. Menariknya, untuk menikmati kesejukan udara di lokasi wisata ini, pengunjung tidak dipatok tarif sepeserpun alias gratis.

2. Puncak Damar Baros

Puncak Damar Baros berada di kawasan Pakualam, Damaraja, Kabupaten Sumedang.

Untuk merasakan sejuknya hawa puncak dataran tinggi di lokasi wisata ini pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Puncak Damar Baros menjadi surganya pecinta fotografi yang gemar berburu pemandangan menawan untuk bahan foto mereka.

Selain itu, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di tempat ini, antara lain camping, outbound, hingga menggelar acara reuni bersama keluarga tercinta.

Eco Green Park Kampung Karuhan
Eco Green Park Kampung Karuhan. (Dok. Instagram)

3. Eco Green Park Kampung Karuhan

Jika Anda menyukai tempat wisata bernuansa perkebunan yang sejuk, maka Eco Green Park Kampung Karuhan ini bisa jadi solusinya.

Lokasinya berada di Jalan Pagar Betis, Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sembari melakukan beragam aktivitas. Fasilitasnya juga cukup lengkap seperti adanya kolam renang, area camping dan outbound, kendaraan ATV, hingga wisata kuliner yang menyajikan makanan khas Sumedang.

Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan jam bukanya adalah 08.00-16.00 WIB.

4. Agrowisata Kampung Nangorak

Selain bisa untuk melepas penat, destinasi Agrowisata Kampung Nangorak juga bisa menjadi tujuan tepat sebagai wisata edukasi untuk buah hati Anda.

Pasalnya di sini pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan yang bersifat pembelajaran, seperti beternak, bertani, memancing, hingga menggelar camping yang pastinya seru.

Di sepanjang lokasi ini udara yang dirasakan terasa sangat sejuk, karena Agrowisata Kampung Nangorak berada di di ketinggian 765-1.035 mdpl.

Jika tidak menyukai camping, di sekitar lokasi wisata ini juga tersedia banyak penginapan bagi wisatawan yang ingin istirahat lebih nyaman.

5. Wisata Alam Panjugjugan

Bagi penggemar landscape, berburu foto pemandangan alam di wisata alam Panjugjugan bisa jadi pilihan tepat.

Lebih kerennya lagi, pengunjung bisa merasakan sensasi flying fox dengan posisi yang lebih tinggi.

Bagi orangtua yang datang bersama putra-putrinya, mereka bisa melakukan belajar sambil liburan yang mengasyikkan seperti mengolah hasil pertanian, peternakan, hingga berkeliling dan seru-seruan bermain permainan tradisional.

Soal harga tiket biasanya menyesuaikan paketan yang diberikan pemandu yang membawa wisatawan untuk sampai ke tempat ini, lengkap dengan berbagai kegiatan yang ditawarkan di dalamnya.

6. Arung Jeram Pangcalikan

Bagi yang hobi olahraga pemacu adrenalin, maka bisa mencoba arum jeram di Pangcalikan yang lokasinya ada di Sungai Cipeles, Desa Citepok, Kabupeten Sumedang.

Saking indahnya pemandangan alam di tempat ini sampai dijuluki Green Canyon-nya Sumedang. Jalur sungai yang diapit tebing bakal menyajikan pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk merasakan seluruh pengalaman tersebut pengunjung perlu menyiapkan biaya perjalanan sebesar Rp 225.000 yang ditunjang dengan beragam fasilitas pendukung lainnya.

Air terjun Curug Cigorobog, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Air terjun Curug Cigorobog, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

7. Air Terjun Curug Cigorobog

Mungkin bagi yang baru mendengar nama tempat wisata Curug Cigorobog merasa kaget bahwa ternyata Sumedang memiliki destinasi air terjun. Tidak salah, karena memang begitu faktanya.

Meski kaya akan kekayaan alamnya yang luar biasa, namun lokasi Air Terjun Curug Cigorobog tidak jauh dari pusat kota. Sehingga bisa memudahkan akses bagi wisatawan yang datang dari berbagai penjuru wilayah.

Meski begitu, wisatawan perlu bersabar saat melakukan perjalanan untuk sampai ke tempat ini. Karena aksesnya terbilang kurang mulus.

Tetapi tenang saja, keindahan pemandangan alam akan menemani perjalanan sehingga menjadi lebih seru dan berkesan.

Lokasi Air Terjun Curug Cigorobog berada di Citengah, Sumedang Selatan. Untuk tiket masuknya hanya sebesar Rp 3.000 saja. Cukup terjangkau bukan?

8. Kolam Renang Gajah Depa

Setelah banyak membahas tentang wisata alam pada poin-poin sebelumnya, selanjutnya mungkin bisa mencoba datang dan berkunjung ke kolam renang Gajah Depa yang berada di Jalan Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pengunjung tak hanya bisa sekadar berenang saja, tetapi juga merasakan keseruan dengan mencoba fasilitas seperti waterbom, handboat, water capsule, water roller, water ball, spill buckjet, dan banyak lagi lainnya.

Untuk menikmati banyaknya fasilitas itu pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 pada hari biasa, serta Rp 25.000 saat akhir pekan.

9. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Paralayang Batu Dua Gunung Lingga terletak di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan yang seru dan menantang adrenalin.

Terlebih bagi Anda yang hobi olahraga paralayang tentu sangat disarankan untuk mencobanya di tempat ini.

Meski tak setinggi Agrowisata Kampung Nangorak, tetapi sensasi paralayang Batu Dua Gunung Lingga juga bisa memberikan pengalaman liburan menjadi lebih berkesan.

Harga tiket masuk ke paralayang Batu Dua Gunung Lingga adalah sebesar Rp 30.000 saja.

Paralayang Batu Dua Gunung Lingga, Sumedang, Jawa Barat
Paralayang Batu Dua Gunung Lingga, Sumedang, Jawa Barat.

10. Museum Prabu Geusan Ulun

Rekomendasi terakhir sebagai tempat wisata di Sumedang yang populer dan wajib dikunjungi adalah Museum Prabu Geusan Ulun yang berlokasi di Jalan Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Dulunya Museum Prabu Geusan Ulun merupakan kediaman bupati beserta kerabatnya. Tetapi kini dialih fungsikan menjadi museum agar bisa menjadi tempat napak tilas dan mempelajari tentang sejarah.

Terdapat beberapa bangunan di lokasi ini seperti Ruang Bumi Kaler, Ruang Srimanganti, Gedung Gamelan, Ruang Bumi Gendeng, dan Gedung Pusaka Khusus.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk orang dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak, dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing, maka pengunjung dapat menikmati seluruh koleksi museum ini. Jam bukanya adalah 08.00-16.00 WIB.

Itulah kesepuluh tempat wisata di Sumedang terpopuler 2023 yang wajib dikunjungi saat berada di daerah yang terkenal dengan tahunya itu.

Meski sebenarnya jika digali lebih lanjut tentu masih banyak potensi lain yang bisa diangkat sebagai destinasi unggulan di Sumedang, tetapi setidaknya bisa mencoba datang dulu ke 10 tempat wisata Sumedang di atas. Barulah akan timbul rasa penasaran untuk berkunjung ke tempat-tempat lain selanjutnya.

Jadi, selain bisa menikmati lezatnya tahu khas Sumedang, juga bisa merasakan sensasi liburan menyenangkan di salah satu daerah di Jawa Barat itu. Sudah ada gambaran mau ke mana dulu?



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.