GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Taman Botani Baturraden, Wisata Edukasi Banyumas yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Taman Botani Baturraden, Wisata Edukasi Banyumas yang Cocok untuk Liburan Keluarga
Wisata edukasi taman botani Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

RepublikIndonesia.net - Mencari informasi tentang wisata edukasi di Banyumas tak lepas dari popularitas taman botani Baturraden yang terletak di Dusun II Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tempat ini cocok sebagai destinasi liburan bagi kalangan keluarga, utamanya yang memiliki putra-putri.

Taman botani Baturraden bisa ditempuh dengan perjalanan darat yang membutuhkan waktu sekitar 25 menit dari pusat Kota Purwokerto.

Lokasi taman wisata botani Baturraden berada persis setelah Lokawisata Baturraden atau bersebelahan dengan Bukit Bintang Baturraden.

Mengapa taman botani Baturraden cocok bagi keluarga? Simak ulasannya berikut ini.

Konsep wisata edukasi

Taman botani Baturraden yang diresmikan pada 24 Desember 2022 lalu ini memiliki konsep edukasi sehingga cocok bagi kalangan keluarga yang selain bertujuan liburan juga untuk belajar tentang alam.

Hal itu dikuatkan dengan slogan "Sinau marang alam, ora bakal gawe gela" yang terpampang di lokasi ini. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah "Belajar dari alam, tidak akan membuat kecewa".

Artinya, segala hal yang dipelajari dari alam akan memberikan manfaat bagi siapapun yang bersedia mempelajarinya.

Karena dari tempat ini pengunjung bisa mempelajari banyak hal, mulai dari belajar bercocok tanam, mengenal beraneka ragam tanaman hias seperti anggrek, dan banyak lagi lainnya.

Selain itu, terdapat banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan untuk ber-selfie ria. Juga di beberapa titik ditempatkan pula kursi-kursi agar pengunjung bisa beristirahat di antara dedaunan yang hijau dan menyejukkan.

Jembatan kaca wisata edukasi taman botani Baturraden, Banyumas
Jembatan kaca wisata edukasi taman botani Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.

Menariknya, di tempat ini juga terdapat jembatan kaca transparan sehingga menjadi daya tarik. Di bawahnya terlihat rerumputan hijau yang menyegarkan. Tempat ini pula yang menjadi ikon dari taman botani Baturraden tersebut.

Jika perut mulai terasa lapar usai berjalan-jalan di sepanjang lokasi, maka pengunjung bisa mencicipi beragam kuliner pilihan yang juga ada di lokasi wisata edukasi ini.

Harga makanannya juga lumayan murah, yakni mulai Rp 8.000 serta minuman yang hanya Rp 5.000 saja. Cukup terjangkau bukan?

Taman botani Baturraden buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya dipatok sebesar Rp 10.000.

View landscape Kota Purwokerto bisa terlihat jelas dari lokasi ini. Pemandangan city light kian menambah suasana menjadi syahdu.

Jika melihat budget yang minim tersebut, mulai dari tiket masuk hingga konsumsi, tentu taman wisata botani Baturraden menjadi destinasi yang bersahabat dengan kantong wisawatan.

Advertisement
Advertisement

Advertisement

Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.