GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

5 Alasan Bali Jadi Destinasi Wisata Favorit Dunia, Pantas Tak Pernah Sepi Wisatawan

5 Alasan Bali Jadi Destinasi Wisata Favorit Dunia, Pantas Tak Pernah Sepi Wisatawan
Bali dianggap sebagai 'surga' wisata di mata turis asing dan lokal, sehingga menjadi destinasi favorit hingga saat ini.

RepublikIndonesia.net - Sering menjadi pertanyaan mengapa Bali selalu jadi destinasi wisata favorit di dunia?

Pasalnya Bali hampir tak pernah sepi dikunjungi wisatawan dari berbagai negara kendati merupakan bagian kecil di antara sekian banyak potensi yang dimiliki Indonesia.

Seperti diketahui Bali merupakan pulau kecil di Indonesia yang terletak di sebelah timur Jawa, yang sudah sejak lama menjadi tujuan wisata terpopuler di dunia.

Dibalik kekayaan panorama alam yang luar biasa, nyatanya masih ada yang belum mengetahui alasan Bali jadi destinasi wisata favorit.

Alasan Bali jadi destinasi wisata favorit

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, simak beberapa alasan yang membuat Pulau Dewata tersebut dinobatkan sebagai salah satu destinasi paling terkenal di mata dunia di antara destinasi lain di Indonesia.

Setidaknya ada 5 alasan Bali menjadi destinasi wisata favorit hingga saat ini di tengah banyaknya kemunculan destinasi lain yang sebenarnya tak kalah menarik untuk dikunjungi.

1. Keindahan alam yang mempesona

Alasan pertama, Bali memiliki keindahan alam yang mempesona, mulai dari pantai yang berpasir putih dan air laut yang jernih, hingga pegunungan yang hijau dan subur.

Adapun beberapa destinasi wisata alam di Bali yang terkenal saat ini seperti Pantai Kuta, Pantai Seminyak, Pantai Nusa Dua, Gunung Batur, dan Ubud.

2. Budaya yang unik dan kaya

Kemudian Bali juga memiliki unsur budaya yang kuat. Belum lagi menurut perspektif wisatawan dunia budaya tersebut juga dinilai unik.

Budaya Bali tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya, mulai dari arsitektur, seni, hingga upacara adat.

Beberapa destinasi wisata budaya Bali yang terkenal antara lain Pura Tanah Lot, Pura Besakih, Desa Ubud, dan Desa Tenganan.

3. Kuliner yang lezat

Alasan selanjutnya, Bali juga memiliki kuliner yang lezat dan beragam, yang dipengaruhi oleh berbagai budaya.

Beberapa makanan khas Bali yang terkenal dan cocok untuk lidah beragam wisatawan antara lain nasi goreng Bali, sate lilit, lawar, dan babi guling.

Sejumlah kuliner khas Bali tersebut ikut terkenal seiring meningkatnya kunjungan wisata dari tahun ke tahun.

4. Fasilitas yang lengkap

Sebagai destinasi wisata favorit, sudah barang tentu Bali memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, di mana keberadaannya dapat memenuhi kebutuhan wisatawan dari berbagai kalangan.

Berbagai fasilitas wisata yang dimaksud di antaranya seperti hotel, restoran, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan.

Usai berwisata, wisatawan juga masih bisa berbelanja beragam jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Kehadiran toko oleh-oleh tersebut tentu semakin melengkapi fasilitas yang ditawarkan Pulau Dewata tersebut.

5. Akses yang mudah

Alasan terakhir tak lain karena faktor mobilitas yang memadai. Hal ini karena Bali memiliki akses yang mudah, baik melalui jalur udara maupun laut.

Salah satunya seperti Bandara Internasional Ngurah Rai yang melayani penerbangan langsung dari berbagai negara di dunia.

Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara di dunia yang mengunjungi Bali di mana jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya juga karena faktor akses yang mudah ini.

Keindahan panorama alam Bali
Keindahan panorama alam Bali menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagaimana Bali di mata wisatawan domestik?

Usai mengetahui berbagai alasan Bali jadi destinasi wisata favorit dunia, lalu bagaimana potensinya di mata wisatawan lokal atau domestik?

Menarik juga untuk diketahui, agar seolah tak membuat kesan bahwa Bali hanya populer bagi wisatawan mancanegara saja, tetapi juga menurut sudut pandang masyarakat lokal Indonesia terhadap kunjungan ke Pulau Dewata.

Berdasarkan data yang dirilis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui situs Balisatudata, tingkat kunjungan wisata dari turis domestik mengalami peningkatan sepanjang tahun 2022 lalu. Bahkan naiknya mencapai 100 persen ketimbang tahun sebelumnya yakni 2021.

Meski masih dalam fase pemulihan pasca pandemi, tahun 2021 lalu angka kunjungan wisata ke Bali masih terbilang tinggi yakni mencapai lebih dari 4 juta orang. Sedangkan pada 2022 lebih dari 8 juta orang telah mengunjungi Bali.

Hal itu menunjukkan bahwa Bali tak hanya diminati turis asing saja, tetapi menarik minat bagi wisatawan domestik.

Jika merujuk pada testimoni kebanyakan orang, maka akan sepakat bahwa kemudahan akses lagi-lagi menjadi faktor penting yang menunjang tingginya kunjungan wisata di Bali tersebut.

Turis lokal yang mengunjungi Bali dapat melalui dua metode, yaitu via moda transportasi pribadi maupun menggunakan jasa biro perjalanan wisata atau travel agent.

Keberadaan travel agent yang menawarkan paket wisata Bali dengan harga terjangkau juga menjadi alasan kuat dibalik banyaknya kunjungan wisatawan domestik untuk berlibur.

Seperti Parahitatour.com misalnya, jasa biro perjalanan wisata satu ini juga memiliki pengalaman mengantarkan para wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai kemudahan fasilitas.

Atas alasan itulah bisa disimpulkan jika Bali memang memiliki semua yang dibutuhkan wisatawan, sehingga tak heran jika dinobatkan sebagai destinasi favorit oleh semua kalangan.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close