GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Baterai Laptop Cepat Habis? Jangan Panik, Kenali Penyebab dan Solusi Cara Mengatasinya

Baterai Laptop Cepat Habis? Jangan Panik, Kenali Penyebab dan Solusi Cara Mengatasinya
Seiring pemakaian, baterai laptop akan mudah cepat habis saat digunakan. Sebaiknya segera cari tahu penyebab serta solusi cara mengatasinya.

RepublikIndonesia.net - Baterai laptop yang cepat habis bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Pasalnya, laptop menjadi tidak bisa digunakan secara portabel karena harus selalu tersambung ke listrik.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat baterai laptop cepat habis, mulai dari faktor hardware hingga software.

Tak jarang pemilik laptop akan merasa panik jika dihadapkan pada kondisi baterai laptop cepat habis, terlebih saat perangkat komputer portabel tersebut sedang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Padahal tidak perlu panik dalam meresponnya, karena hal itu sebenarnya lumrah terjadi seiring durasi pemakaian maupun semakin tuanya umur laptop.

Namun, tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja penyebab baterai laptop tersebut cepat habis. Termasuk mencari solusi untuk mengatasinya.

Seperti dijelaskan dalam artikel ini, Anda bisa mengetahui indikator sebab baterai laptop cepat habis, serta mendapatkan solusi jitu mengatasi permasalahan tersebut yang ditengarai sebagai cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama.

Penyebab baterai laptop cepat habis

Umumnya penyebab baterai laptop cepat habis dipengaruhi oleh empat faktor, mulai dari kebiasaan mengecas laptop terlalu lama, hingga durasi pemakaian yang berlebihan.

Simak deretan penyebab baterai laptop drop berikut ini, yang barangkali kerap Anda lakukan setiap harinya.

Umur baterai sudah tua atau rusak

Baterai laptop memiliki masa pakai yang terbatas. Setelah pemakaian beberapa tahun, baterai laptop akan mengalami degradasi dan kapasitasnya akan berkurang. Akibatnya, laptop akan lebih cepat kehabisan baterai.

Pengisian baterai berlebihan

Overcharging adalah proses pengisian daya baterai yang berlebihan atau terlalu lama tersambung dengan listrik kendati sebenarnya telah penuh.

Ketika baterai sudah penuh, sebaiknya jangan terus-menerus dihubungkan ke charger. Hal ini bisa menyebabkan baterai menjadi rusak dan cepat habis.

Penggunaan aplikasi berat

Pengoperasian aplikasi berat seperti game, editor video, hingga software desain grafis dan sejenisnya membutuhkan daya yang besar.

Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut secara terus-menerus dapat membuat baterai laptop lebih cepat habis.

Settingan yang tidak optimal

Settingan laptop yang tidak optimal juga bisa membuat baterai cepat habis. Misalnya, kecerahan layar yang terlalu tinggi, mode sleep yang tidak aktif, serta fitur Bluetooth dan Wi-Fi yang selalu aktif.

Solusi mengatasi baterai laptop cepat habis

Sama halnya dengan mengenali apa saja penyebab baterai laptop cepat habis dalam penjelasan di atas, adapun solusi mengatasinya juga memiliki beberapa cara yang bisa dilakukan.

Namun sangat disarankan jika Anda tidak memiliki kemampuan atau masih ragu jika melakukannya sendiri, maka memanggil teknisi ahli adalah solusi bijaknya.

Tetapi sebelum mendatangi teknisi profesional tersebut, tidak ada salahnya untuk berusaha tahu terlebih dahulu mengenai cara atau solusi mengatasi baterai laptop drop tersebut.

Berikut adalah beberapa solusi cara mengatasi baterai laptop cepat habis:

Ganti baterai yang sudah rusak

Jika baterai laptop sudah rusak, maka satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan baterai baru. Tidak ada cara lain selain beli baru, karena perangkat akan mengalami masalah serupa kendati telah lama di cas sekalipun.

Hindari pengisian daya terlalu lama (overcharging)

Saat baterai sudah penuh, sebaiknya cabut charger dari laptop. Jangan terus menancapkan cas ke perangkat saat baterai sudah 100 persen.

Gunakan mode hemat daya

Mode hemat daya akan mengurangi kinerja laptop dan konsumsi daya. Jadi daya laptop akan relatif bertahan lebih lama dengan penggunaan mode ini.

Kurangi penggunaan aplikasi berat

Jika tidak membutuhkan aplikasi berat, sebaiknya tutup aplikasi tersebut. Karena perangkat akan membacanya yang berdampak pada daya baterai serta kapasitas memori.

Optimalkan settingan laptop

Periksa settingan laptop Anda dan atur sesuai kebutuhan. Misalnya, atur kecerahan layar menjadi lebih rendah, aktifkan mode sleep, dan nonaktifkan fitur Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan.

Tips mencegah baterai laptop cepat habis

Selain solusi di atas, berikut adalah beberapa tips untuk mencegah baterai laptop cepat habis. Cara-cara ini sebagai langkah antisipatif agar daya baterai bisa bertahan lama saat digunakan.

Dengan begitu pekerjaan tidak akan terganggu karena harus memikirkan pengecasan baterai laptop di samping Anda tengah disibukkan oleh tugas-tugas yang memerlukan bantuan laptop.

  • Gunakan laptop di tempat yang sejuk - Suhu yang tinggi bisa mempercepat degradasi baterai.
  • Jauhkan laptop dari benda-benda magnetis - Magnet bisa merusak baterai laptop.
  • Hindari menjatuhkan laptop - Jatuhnya laptop bisa menyebabkan kerusakan pada baterai.

Demikian penjelasan mengenai penyebab baterai laptop cepat habis, lengkap dengan solusi cara mengatasi permasalahan yang menyebalkan bagi pemilik laptop tersebut.

Diharapkan dengan tips jitu di atas bisa menjawab keluhan Anda akan melemahnya kualitas daya baterai laptop yang Anda miliki saat ini.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close