GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Sering Dianggap Sepele, Ini 7 Penyebab WC Mampet yang Sering Diabaikan

Sering Dianggap Sepele, Ini 7 Penyebab WC Mampet yang Sering Diabaikan
Penyebab WC di rumah mampet dan cara mengatasinya.

RepublikIndonesia.net - WC mampet menjadi masalah yang umum terjadi di rumah tangga. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bau yang tidak sedap.

Ada beberapa penyebab WC mampet yang sering diabaikan, sehingga dapat membuat masalah ini semakin parah.

Jika dibiarkan, kondisi saluran pembuangan itu akan semakin tak terkendali dan rawan tidak bisa lagi digunakan.

Dalam artikel ini dijelaskan penyebab WC mampet, sekaligus disertakan tips atau solusi untuk mengatasinya.

Simak hingga akhir, karena mungkin informasi berikut sangat Anda butuhkan saat ini, atau justru rekan dan saudara tengah mengalaminya.

Penyebab WC mampet yang sering diabaikan

Setidaknya ada 7 penyebab umum yang kerap diabaikan pemilik rumah, dari kebiasaan sepele hingga terberat yang tanpa disadari membuat WC mampet.

Coba cek kembali apakah ketujuh penyebab berikut salah satu atau beberapa di antaranya kerap Anda lakukan bersama penghuni rumah lainnya. Karena bisa jadi itulah penyebab WC di rumah mampet sehingga tidak bisa dipakai.

1. Benda asing

Penyebab WC mampet yang paling umum adalah benda asing yang tersangkut di dalam pipa pembuangan. Benda-benda ini dapat berupa tisu toilet, pembalut, popok bayi, tampon, dan cotton bud.

Selain itu, benda-benda kecil lainnya, seperti mainan anak-anak, sikat gigi, dan gagang sikat gigi, juga dapat menyumbat WC.

2. Rambut

Rambut juga dapat menjadi penyebab WC mampet. Rambut yang tidak disiram dengan benar dapat menumpuk di pipa pembuangan dan menyumbat aliran air.

Ini sangat sering ditemui terutama saat penghuni rumah memiliki masalah rambut yang mudah rontok. Biasanya saluran pembuangan terhambat karena adanya rambut yang sedikit demi sedikit semakin menutupi jalan air.

3. Lemak

Lemak yang tidak terurai dapat menumpuk di pipa pembuangan dan menyumbat aliran air. Lemak ini dapat berasal dari sisa makanan, minyak, dan sabun.

4. Kerusakan pipa pembuangan

Pipa pembuangan yang rusak juga dapat menyebabkan WC mampet.

Kerusakan pipa pembuangan dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti korosi, tekanan air yang terlalu tinggi, dan pemasangan yang tidak tepat.

5. Septic tank yang penuh

Septic tank yang penuh juga dapat menyebabkan WC mampet. Septic tank yang penuh dapat menyebabkan kotoran dan air kembali ke WC.

6. Benda-benda yang tidak larut

Beberapa benda, seperti pasir, tanah, dan batu, tidak mudah larut begitu saja di dalam air. Sehingga keberadaannya dapat menyumbat pipa pembuangan.

7. Benda-benda yang tidak terurai

Beberapa benda, seperti popok bayi dan popok hewan peliharaan, juga sangat tidak mungkin untuk terurai.

Hal ini jelas lambat laun alam menyumbat pipa pembuangan pada WC di rumah.

Tips cara mengatasi WC mampet

Jika WC mampet, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Gunakan plunger - Plunger adalah alat yang dapat digunakan untuk mendorong penyumbatan di pipa pembuangan.
  • Gunakan soda kue dan cuka - Soda kue dan cuka dapat membantu melarutkan penyumbatan di pipa pembuangan.
  • Gunakan selang air - Selang air dapat digunakan untuk membersihkan penyumbatan di pipa pembuangan.
  • Hubungi jasa sedot WC - Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi jasa sedot WC untuk mengatasi WC mampet.
  • Memanggil jasa sedot WC - Jika kurang yakin dengan kemampuan sendiri untuk mengatasi WC mampet secara mandiri, maka bisa memanfaatkan layanan jasa sedot WC profesional dan terpercaya yang saat ini sudah sangat mudah ditemukan keberadaannya di internet.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi WC mampet, kita dapat mencegah masalah ini agar tidak terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Demikian penjelasan mengenai penyebab WC mampet serta solusi cara mengatasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Jika menurut Anda artikel ini memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat secara luas, maka jangan segan untuk membagikannya ke berbagai platform seperti media sosial maupun forum grup lainnya.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close