GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

6 Aplikasi Pesan Makanan Online Paling Banyak Digunakan di Indonesia

6 Aplikasi Pesan Makanan Online Paling Banyak Digunakan di Indonesia
Aplikasi pesan makanan online sudah menjadi satu kebutuhan bagi sebagian pengguna internet di dunia, salah satunya Indonesia.

REPUBLIK INDONESIA, KULINER - Pesatnya perkembangan teknologi digital telah memengaruhi gaya hidup masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia.

Bahkan untuk urusan sepele pun kini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat digital yang terkoneksi dengan internet. Misalnya, mengisi pulsa, membeli token listrik, top up saldo game, hingga pesan makanan online.

Hal ini didukung oleh meningkatnya jumlah pengguna internet dan smartphone di Indonesia, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja.

Selain itu, pandemi COVID-19 lalu juga telah mengubah perilaku masyarakat, termasuk dalam hal konsumsi makanan.

Masyarakat kini lebih memilih untuk memesan makanan secara online daripada makan di restoran. Alih-alih haurs merasakan repotnya mengantri, dalam hitungan menit pesanan sudah bisa didapat lewat layanan pesan makanan online tersebut.

Berdasarkan data dari Katadata Insight Center, pada tahun 2022, nilai transaksi bruto (GMV) industri pesan makanan online di Indonesia mencapai Rp16,3 triliun.

Nilai itu diperkirakan masih akan terus meningkat hingga mencapai Rp22,5 triliun pada tahun 2025.

Saat ini ada banyak platform yang menyediakan layanan pesan antar untuk kategori kuliner. Sebut saja GrabFood, GoFood, hingga ShopeeFood yang notabene perusahaan besar yang sebelumnya tak bermain di bidang kuliner.

Namun karena menyadari besarnya peluang bisnis ini, kemudian membuat sejumlah perusahaan besar itu menjadi semakin intens memberikan pelayanan pesan makanan online lewat aplikasi.

Lalu, dari sekian banyak layanan itu, aplikasi pesan makanan online manakah yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia?

Aplikasi pesan makanan online paling banyak digunakan di Indonesia

Pesan makanan online merupakan salah satu layanan digital yang semakin populer di Indonesia.

Layanan ini menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk memesan makanan dari berbagai restoran favorit mereka, tanpa perlu keluar rumah.

Begitu juga soal menu-menu favorit yang seolah tidak ada batasnya. Konsumen bisa leluasa menemukan sekaligus memesan makanan yang diinginkannya hanya dengan menggunakan perangkat gawai.

Berdasarkan data dari Katadata Insight Center, pada tahun 2022, terdapat lebih dari 150 aplikasi pesan makanan online yang beroperasi di Indonesia.

Namun, hanya beberapa aplikasi saja yang berhasil mendominasi pasar. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya jumlah pemasangan pada perangkat (install) dari data toko aplikasi macam Google PlayStore dan AppStore milik Apple.

Berikut adalah 6 aplikasi pesan makanan online paling banyak digunakan di Indonesia:

1. GrabFood

GrabFood merupakan layanan pesan makanan online yang diluncurkan oleh Grab, perusahaan transportasi online asal Singapura.

GrabFood menawarkan pilihan restoran yang luas, mulai dari restoran lokal hingga restoran internasional.

Selain itu, GrabFood juga menawarkan berbagai promo dan diskon menarik.

Pada tahun 2022, GrabFood menguasai pangsa pasar pesan makanan online di Indonesia sebesar 49%.

2. GoFood

GoFood merupakan layanan pesan makanan online yang diluncurkan oleh Gojek, perusahaan teknologi asal Indonesia.

GoFood menawarkan pilihan restoran yang beragam, mulai dari restoran lokal hingga restoran internasional, bahkan hingga menu-menu tradisional yang hanya ada di tanah air.

Selain itu, GoFood juga menawarkan berbagai promo dan diskon menarik yang bisa digunakan konsumen untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Pada tahun 2022, GoFood menguasai pangsa pasar pesan makanan online di Indonesia sebesar 44%.

3. ShopeeFood

ShopeeFood merupakan layanan pesan makanan online yang diluncurkan oleh Shopee, perusahaan e-commerce asal Indonesia.

ShopeeFood menawarkan pilihan restoran yang beragam, mulai dari restoran lokal Indonesia hingga menu-menu mancanegara, seperti makan Arab, India, China, Jepang, Korea, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan layanan lain, ShopeeFood juga sering memberikan berbagai promo dan diskon menarik pada aplikasi mereka.

Pada tahun 2022, ShopeeFood menguasai pangsa pasar pesan makanan online di Indonesia sebesar 7%.

4. Traveloka Eats

Traveloka Eats merupakan layanan pesan makanan online yang diluncurkan oleh Traveloka, perusahaan layanan akomodasi dan perjalanan asal Indonesia.

Traveloka Eats juga menawarkan pilihan restoran yang beragam, sampai menu-menu kuliner pilihan.

Hal ini seolah mengisyaratkan bahwa Traveloka juga hadir dalam hal urusan konsumen, tak melulu soal akomdasi.

Selain itu, Traveloka Eats juga menawarkan berbagai promo dan diskon menarik pada periode tertentu.

Pada tahun 2022, Traveloka Eats menguasai pangsa pasar pesan makanan online di Indonesia sebesar 3%.

5. Ele.me

Ele.me merupakan layanan pesan makanan online yang diluncurkan oleh Ele.me, perusahaan teknologi asal Tiongkok.

Ele.me menyediakan beragam pilihan restoran, mulai dari restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia, hingga rumah makan dengan menu populer dari luar negeri.

Ele.me juga memiliki berbagai program promo yang siap memanjakan penggunanya.

Pada tahun 2022, Ele.me menguasai pangsa pasar pesan makanan online di Indonesia sebesar 2%.

6. Tokopedia Food

Tokopedia Food merupakan layanan pesan makanan online yang diluncurkan oleh Tokopedia, perusahaan e-commerce asal Indonesia.

Tokopedia Food pun juga memberikan banyak pilihan restoran, mulai dari traditional food, kuliner khas kota tertentu,hingga restoran internasional.

Tokopedia Food juga menawarkan berbagai promo dan diskon menarik layaknya aplikasi pesan makanan online lainnya.

Pada tahun 2022, Tokopedia Food menguasai pangsa pasar pesan makanan online di Indonesia sebesar 1%.

Itulah 6 aplikasi pesan makanan online terpopuler di Indonesia, karena telah digunakan oleh jutaan bahkan puluhan juta pengguna internet di tanah air.

Selain dari yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak platform lain yang juga memiliki layanan serupa. Namun tidak semua menggunakan aplikasi dalam operasionalnya, karena ada pula yang berupa website, seperti layanan pesan makanan online AyoMakan misalnya.

Namun, dari keenam aplikasi pesan makanan online dalam artikel ini, setidaknya pasti ada yang menjadi favorit Anda sehari-hari.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close