GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Makanan Khas Bali yang Rugi jika dilewati, Sudah Pernah Coba?

 

Sate lilit
Sate lilit
(Dok. Ist)

REPUBLIKINDONESIA.NET - Makanan khas Bali terkenal menjadi daya tarik oleh sejumlah wisatawan lokal hingga mancanegara. 

Rata-rata makanan khas Bali memiliki cita rasa asin dan pedas. Hal itulah yang menjadi daya tariknya. 

Ragam Makanan Khas Bali yang Terkenal Lezat

Penasaran apa saja makanan khas Bali? Berikut daftar makanan khas Bali yang populer di kalangan masyarakat:

1. Nasi Campur Bali

Makanan khas Bali yang pertama adalah Nasi Campur Bali atau yang sering juga disebut dengan nasi rames. Terdiri dari nasi, suwiran daging, lawar atau urap, serta sate lilit. Biasanya juga dilengkapi dengan potongan telur rebus dan kacang tanah goreng. 

Sambal matah juga tidak boleh diabaikan saat menyantap Nasi Campur Bali. Kamu bisa menemukannya di Bali dalam tiga jenis, yaitu nasi campur babi dengan daging babi guling, nasi campur ayam, serta nasi pedas yang disajikan dengan sambal pedas sebagai jualan utamanya.

2.Ayam Betutu

Ayam Betutu merupakan kuliner khas Gilimanuk, Bali, berupa ayam yang dimasak dengan rempah pedas dalam waktu lama sehingga menghasilkan ayam yang empuk dan pedas. Enggak boleh dilewatkan saat liburan ke Bali, terutama bagi kamu yang suka makanan pedas. 

Meski aslinya berasal dari Gilimanuk, kamu bisa menemukan ayam betutu di banyak tempat di Pulau Bali seperti di Bali Selatan.

3.Lawar

Lawar adalah makanan khas Bali berupa campuran sayuran dan daging yang dimasak dengan bumbu khas. Meski aslinya dibuat dengan daging babi, namun banyak yang dibuat dengan daging ayam atau bebek dan bisa aman dikonsumsi untuk kamu yang muslim. 

Lawar biasanya disajikan bersama Nasi Campur Bali dan dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat.

4. Sambal Matah

Sambal Matah pada awalnya disajikan dengan nasi campur, namun sekarang sudah sangat populer hingga disajikan dengan berbagai makanan, termasuk Salted Egg Rice yang sangat terkenal beberapa tahun terakhir. 

Sambal Matah merupakan salah satu sambal terpopuler di Indonesia dan mudah ditemukan di Bali, terutama saat menikmati Nasi Campur Bali.

5. Sate Lilit

Sate Lilit adalah makanan khas Bali yang unik karena dagingnya dicincang terlebih dahulu, lalu dililit ke tusukan dari batang bambu atau batang daun serai. 

Rasanya luar biasa enak dan wajib dicoba saat liburan ke Bali. Sate Lilit dapat dengan mudah ditemukan di warung nasi campur.

6. Bebek Goreng

Bebek Goreng bukan makanan khas Bali yang khas, tetapi kepopuleran dua restoran bebek, Bebek Tepi Sawah dan Bebek Bengil di Ubud bikin makanan ini juga patut dimasukkan dalam daftar ini. 

Jika kamu mengunjungi Ubud saat liburan ke Bali, pastikan untuk mencoba hidangan bebek goreng di salah satu restoran tersebut.

7. Rujak Kuah Pindang

Rujak memang bukan makanan khas Bali, tetapi Rujak Kuah Pindang memiliki ciri khas tersendiri karena disajikan dengan bumbu kuah pindang ikan tuna yang pedas. Isiannya seperti rujak pada umumnya, seperti mangga muda atau buah-buahan lainnya.

8.Nasi Tepeng

Nasi Tepeng terlihat seperti nasi campur pada umumnya, tetapi memiliki keunikan dalam persiapan dan penyajian nasinya. 

Nasi Tepeng dibuat dengan santan dan bumbu-bumbu seperti kunyit, daun salam, dan garam, lalu disiram dengan bumbu khas dan parutan kelapa sebelum dilengkapi dengan lauk pauknya. Teksturnya tidak keras seperti nasi uduk, melainkan lembut.

9. Sop Kepala Ikan

Sop Kepala Ikan bukan makanan khas Bali yang khas, tetapi popularitas Warung Mak Beng di Pantai Sanur membuat makanan ini wajib dimasukkan dalam daftar. 

Warung Mak Beng terkenal dengan Sop Kepala Ikannya yang legendaris dan juga ikan gorengnya yang lezat.

10.Tipat Blayag

Tipat Blayag merupakan makanan khas Bali dari Buleleng, berupa ketupat yang dibuat menggunakan daun enau atau daun aren, lalu disajikan dengan urap, suwiran ayam, telur rebus atau sate lilit. 

Selain itu, kamu juga akan menemukan kuah khas yang memperkuat cita rasa Tipat Blayag.

Nah itulah sejumlah makanan khas Bali yang terkenal memiliki cita rasa lezat dan memikat.

Advertisement
Advertisement

Advertisement

Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter