GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Benarkah Kopi Bisa Bantu Bakar Lemak Perut? Begini Faktanya!

Benarkah Kopi Bisa Bantu Bakar Lemak Perut? Begini Faktanya!
Kopi disebut dapat membakar lemak pada perut. Simak faktanya pada artikel di bawah ini.

RepublikIndonesia.net - Kopi adalah salah satu minuman yang bisa menjadi mood booster. Tak hanya menjadi pembangkit energi, namun juga bisa meningkatkan kefokusan. 

Banyak sekali manfaat kopi, beberapa diantaranya adalah bantu turunkan resiko gagal jantung, stroke, alzheimer, serta kanker usus besar. Ada yang juga yang mengatakan bahwa kopi bisa bantu membakar lemak di perut? Benarkah demikian?

Kopi memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme serta menunda rasa lapar. Dua alasan inilah yang menjadi dasar bahwa kopi memiliki andil untuk membakar lemak perut dalam proses diet penurunan berat badan.

Perlu menjadi perhatian, bahwa cara meminum kopi itu ada banyak sekali. Cara yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda pula. Maka untuk bisa membakar lemak perut, cara ngopi-nya juga tidak boleh sembarangan.

Nah, berikut ini adalah beberapa rangkuman dari para ahli terkait cara minum kopi yang bisa memberikan efek positif untuk membantu membuang lemak perut yang berlebih.

1. Minumlah kopi hitam tanpa tambahan gula

Kopi asli tanpa adanya tambahan gula atau krim, merupakan cara paling sehat untuk mendapatkan manfaat dari kopi.

Lauren Manaker, MS, RDN, yang merupakan seorang ahli diet mengatakan bahwa kopi hitam itu bebas kalori serta sangat kaya akan antioksidan. Maka dari itu, sangat cocok membantu pembakaran lemak di perut.

"Beberapa data menunjukkan, kafein dalam kopi dapat mendukung tujuan penurunan berat badan," ungkap dia.

Apabila kamu memaksa untuk tetap menambahkan gula atau krimer atau bahan lain ke dalam secangkir kopi tersebut, maka kemungkinan besar efeknya pembakar lemak akan berubah menjadi efek peningkat lemak tubuh.

Maka, Lauren Manaker memberikan tambahan untuk mengurangi konsumsi kopi manis dan menggantinya dengan kopi murni buatan darinya.

"Bertahanlah pada kopi murni untuk membantu tujuan penurunan lemak perut kita," lanjut Manaker.

2. Tambahkan kayu manis

Mulai sekarang, hindari untuk menambahkan gula atau krimer atau bahan-bahan yang lain yang kurang sehat. Lalu gantilah dengan menambahkan kayu manis saat menikmati secangkir kopi.

Rasanya memang tidak manis, tapi aroma khas kayu manis akan menambahkan cita rasa tersendiri. Ditambah lagi, kayu manis mengandung zat antioksidan yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi.

3. Tambahkan krim rendah lemak

Minum kopi tanpa tambahan krim kental, rasanya sangat aneh untuk sebagian orang. Padahal bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, sangat banyak mengandung lemak dan kalori. 

Jika hal ini terus dilakukan, maka yang terjadi bukan membakar lemak, namun sebaliknya yaitu menambah jumlah kalori tubuh menjadi berlebih.

"Bahan-bahan seperti ini sarat akan kalori dan lemak, dan bisa menambah jumlah kalori dalam tubuh. Pertimbangkan untuk mengganti krim dengan susu rendah lemak," saran ahli diet Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD. Goodson. 

Di dalam susu rendah lemak, terdapat setidaknya 13 nutrisi yang penting, serta dapat memberikan tekstur yang lembut pada kopi tanpa tambahan kalori yang berlebihan.

4. Minum kopi handmade

Usahakan untuk membuat kopi sendiri di rumah. Sebab, kebanyakan kopi yang dijual di kedai kopi atau coffee shop cenderung banyak mengandung kalori.

"Beberapa minuman kopi mewah sarat dengan gula tambahan dari sirup, saus, dan whip," kata Goodson.

Dengan meminum kopi buatan sendiri, tentunya kita juga bisa mengatur banyaknya kalori yang akan kita masukkan ke dalam cangkir kopi tersebut.

5.  Tambahkan protein

Minum kopi dengan tambahan bubuk protein, juga dapat meningkatkan tekstur serta rasa kopi yang kamu minum. Dengan begitu, nikmatnya kopi terpenuhi, kebutuhan akan protein pun juga terpenuhi, sehingga fungsi kopi untuk membakar lemak tubuh juga terpenuhi.

"Protein memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan berat badan, membangun otot tanpa lemak, dan mengurangi lemak," kata ahli diet Courtney D'Angelo, MS, RD.

Begitulah lima cara minum kopi yang bisa memberikan efek untuk membantu pembakaran lemak tubuh. Mulailah untuk terbiasa dan rasakan efek positif jangka panjangnya.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close