GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Modal Rp 1 Juta Bisa Jadi Bisnis Apa? Coba Rekomendasi Ini Agar Cepat Cuan

Modal Rp 1 Juta Bisa Jadi Bisnis Apa? Coba Rekomendasi Ini Agar Cepat Cuan
Ide bisnis modal Rp 1 juta yang bisa dijalankan di rumah secara online. Diyakini dapat meraih cuan secara cepat. (Dok. Freepik)

REPUBLIK INDONESIA - Modal Rp 1 juta bisa jadi bisnis apa? Pertanyaan ini mungkin sedang ada di benak sebagian besar orang yang ingin menjalankan bisnis secara mandiri dengan dana yang minim.

Wajar saja, kebanyakan bisnis biasanya membutuhkan modal yang tak sedikit agar bisa dijalankan. Sedangkan tak sedikit orang yang hanya memiliki modal tak seberapa untuk bisa mewujudkan keinginannya dalam berbisnis.

Misalnya dengan modal yang hanya sejuta, lantas terpikirkan kira-kira peluang bisnis apa yang bisa dijalankan dengan budget segitu. Jika Anda termasuk di antaranya, coba jalankan beberapa rekomendasi ide bisnis modal Rp 1 juta berikut.

Pasalnya, hanya dengan modal sekitar Rp 1 jutaan, Anda sudah bisa memiliki bisnis yang dipercaya cepat mendatangkan keuntungan lantaran besarnya potensi untuk berkembang.

Sejumlah ide bisnis modal Rp 1 juta berikut juga menyesuaikan kebutuhan pasar yang memang menjadi tren saat ini, sehingga seharusnya tak terlalu susah untuk menjalankannya.

Simak daftar rekomendasi bisnis modal Rp 1 juta berikut, lalu coba praktikkan sampai Anda benar-benar bisa merasakan cuan dalam waktu singkat.

Ide bisnis modal Rp 1 juta

Sebagaimana dilansir RepublikIndonesia.net dari Akseleran.co.id, berikut sedikitnya ada 7 usaha modal Rp 1 juta yang cocok dijalankan bagi muda-mudi maupun mereka yang berorientasi menjalankan bisnis dari rumah hanya modal internet.

Sejumlah ide bisnis modal satu juta berikut juga dinilai tidak sudah untuk dijalankan karena masih relevan dengan kebutuhan hidup kebanyakan orang yang nantinya bisa jadi target market dari bisnis Anda.

1. Bisnis jualan aksesoris

Jenis aksesoris ini cukup beragam, mulai untuk kebutuhan fesyen maupun hingga pernak-pernik perangkat gawai. Dan bisnis jualan aksesoris memang tengah menjadi tren di kalangan milenial, karena selain hanya membutuhkan modal kecil juga minim risiko karena barang tahan lama.

Sehingga bisnis jualan aksesoris bisa menjadi peluang menjanjikan untuk dijalankan, seperti hiasan rambut, perhiasan imitasi, hingga pakaian.

Adapun metode marketing yang dipakai juga bisa hanya dengan memanfaatkan media sosial, marketplace, e-commerce, hingga live streaming ala influencer di TikTok Shop.

2. Jualan online sistem dropship

Ide bisnis kedua bahkan bisa dijalankan tanpa modal sepeserpun, yakni jualan online sistem dropship. Meski Anda tetap membutuhkan dukungan perangkat untuk proses pemasaran.

Selain itu dibutuhkan juga akses internet yang lancar setiap hari, serta keluangan waktu untuk menjawab kebutuhan calon konsumen melalui metode tele marketing sebelum transaksi terjadi.

Sistem dropship adalah menjual barang dari tangan pertama ke tangan kedua, di mana peran dropshiper adalah sebagai penghubung antara keduanya.

3. Pre Order kaos unik/komunitas

Banyaknya komunitas, kegiatan, dan hal-hal viral bisa menjadi peluang untuk berbisnis kaos dengan tema tertentu. Misalnya, pada satu waktu sedang ada hal viral yang terjadi, maka bisa dikaryakan menjadi desain visual yang disablon ke dalam kaos.

Atau melakukan pendekatan persuasif terhadap komunitas tertentu untuk membeli kaos sablon kustom tersebut dengan sistem open pre order (PO).

Pre order adalah istilah untuk menghimpun pembeli dengan melakukan pemesanan disertai pembayaran di awal, baik dalam bentuk uang muka (DP) terlebih dahulu maupun dibayar penuh. Lalu barang pesanan bisa diproses setelah adanya pembayaran pertama tersebut.

Sistem ini juga minim risiko karena produk jelas sudah memiliki pembeli, dibanding harus menyetok barang baru mencari calon pembeli setelahnya yang belum pasti jumlahnya.

4. Usaha makanan ringan

Apapun kondisinya, bisnis camilan hampir tidak pernah sepi. Karena kalau soal urusan makanan ringan, konsumen Indonesia selalu memiliki waktu untuk mengonsumsinya di berbagai kegiatan seperti nongkrong, arisan, hingga acara keluarga.

Karenanya usaha makanan ringan juga berpeluang cuan dengan cepat selama Anda bisa menemukan kolam market yang tepat di waktu yang tepat. Karena jika tidak dilakukan secara intensif bisnis makanan juga memiliki risiko karena turunnya kualitas produk seiring berjalannya durasi yang mengurangi usia produk itu sendiri.

Jika ingin cepat habis, maka Anda juga bisa membuka kemitraan dengan mengerahkan konsep dropshiper kepada orang lain agar dapat membantu memasarkan dagangan Anda ke calon pembeli yang lebih luas.

5. Jual minuman viral kekinian

Banyaknya tren viral di media sosial kerap diaplikasikan ke dalam bisnis minuman. Jenis usaha ini sering disebut minuman kekinian karena memang sedang menjadi perhatian banyak orang.

Bahkan umumnya calon konsumen memiliki minat membeli bukan karena sedang benar-benar butuh, melainkan memenuhi rasa penasarannya akan minuman yang sedang viral tersebut.

Jika Anda ingat, di Indonesia sendiri sempat viral beberapa waktu lalu jenis minuman es kepal. Karena viral itulah akhirnya banyak bermunculan bisnis serupa di sejumlah daerah hingga meraup cuan dalam waktu singkat.

6. Buka jasa artikel/pengetikan

Bagi pecinta pekerjaan freelance yang tidak terikat perusahaan manapun, bisnis jasa penulisan artikel atau pengetikan masih menjadi peluang terbaik untuk mendatangkan cuan tanpa harus mengeluarkan modal.

Jasa pengetikan, penulisan artikel online
Jasa penulisan/pengetikan artikel online untuk kebutuhan blogging atau pemberkasan lainnya tengah menjadi tren di internet. (Dok. Pexels)

Meski demikian, modal Rp 1 juta seperti disebutkan dalam konteks artikel ini adalah sebagai biaya promosi dalam mengenalkan jasa Anda kepada pengguna internet lain yang belum mengetahui Anda.

Jadi, selain fokus mencari cuan, juga penting untuk terus membangun personal branding dengan cara promosi ke media sosial secara berbayar yang menjelaskan seperti apa jenis bisnis yang Anda tawarkan.

7. Jual pulsa

Jualan pulsa bisa jadi tidak terbatas jumlahnya seiring banyaknya pengguna perangkat seluler yang membutuhkannya. Maka tak ada salahnya untuk mencoba berjualan pulsa meski saat ini telah banyak aplikasi yang memudahkan konsumen melakukan top up secara mandiri.

Anda pun bisa menjual pulsa dengan harga miring ke lingkungan sekitar, di mana hal ini akan menjadi daya tarik calon pembeli karena harga yang terjangkau serta dilakukan oleh sirkel terdekat dengan cara yang mudah dan cepat.

Itulah tujuh peluang usaha modal Rp 1 jutaan yang sudah bisa dijalankan sebagai bisnis potensial saat ini. Disebut potensial karena banyak calon konsumen Anda yang memang membutuhkan sejumlah bisnis di atas.

Meski terkesan remeh, tetapi jika dilakukan secara konsisten maka bukan tak mungkin akan menjadi sumber cuan yang menguntungkan dalam jangka panjang. Terlebih beberapa ide bisnis modal sejuta di atas terus dibutuhkan hingga kini.

Selain itu, 7 ide bisnis di atas juga mudah dijalankan di manapun, kapanpun, serta dengan metode apapun. Jadi, ayo segera jalankan agar bisa menjadi seorang pengusaha yang mampu mandiri secara finansial meski harus dimulai dengan modal kecil sekalipun.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close