GfMiGpWoGSO9BUM8BUOlGpC5BA==

Penjual Bendera Musiman di Lampung Raup Omset Rp 1 Juta per Hari

Penjual Bendera Musiman di Lampung Raup Omset Rp 1 Juta per Hari
Ilustrasi. Pedagang bendera musiman.

REPUBLIK INDONESIA - Momentum hari kemerdekaan bisa ditangkap dengan baik oleh sejumlah pebisnis. Salah satunya para pedagang musiman yang hanya muncul saat periode Agustus tiba.

Dan yang paling umum dijumpai adalah pedagang atribut kemerdekaan seperti bendera, umbul-umbul, hingga aksesoris merah-putih lainnya.

Salah satunya seperti yang dirasakan Iwan (32), penjual Bendera musiman di Lampung. Dirinya mengaku mampu meraih omset hingga Rp 1 juta per hari dari hasil penjualan bendera.

Selain itu, kata Iwan, berbagai atribut lain seperti bendera bergambar pahlawan proklamator Ir. Soekarno juga menjadi buruan banyak warga saat momentum Agustus ini.

Iwan mengaku, dirinya bersama beberapa penjual lain di sekitarnya telah mulai berjualan atribut kemerdekaan seja Juli. Hasilnya di luar dugaan, tingkat penjualan tahun ini bisa meningkat tajam utamanya jika dibandingkan saat era pandemi Covid-19.

"Kalau yang paling banyak terjual itu umbul-umbul bergambar Soekarno," akunya dikutip KupasTuntas.co, Rabu (16/8/2023).

"Mulai banyak yang membeli itu pas memasuki Agustus. kalau rata-rata per hari itu sekitar Rp 700 ribu. Tapi pernah juga Rp 1 juta lebih sehari," lanjutnya.

Iwan biasa membuka lapak dagangannya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Lampung.

Senada dengan Iwan, hal serupa juga dialami pedagang lain bernama Sobri yang berjualan di Jalan AH Nasution, Metro Timur. Dirinya mengaku ketiban untung saat Agustus ini dengan menjual atribut kemerdekaan.

Menurutnya, tujuan ia berjualan tak hanya sekadar mencari untung belaka. Tetapi juga sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam mencari atribut kemerdekaan tanpa harus keluar jauh dari rumah.

"Jadi ngga bingung cari bendera maupun umbul-umbul, ketika keluar rumah jalan ke arah Metro saja sudah bisa ketemu kita yang jualan," ujarnya.

Tak hanya di Lampung, keberadaan pedagang musiman seperti kedua penjual di Lampung tadi juga lazim dijumpai di berbagai daerah di Indonesia saat bulan kemerdekaan tiba. Tentu ini bisa menjadi inspirasi sebagai ide bisnis Agustusan yang potensial.



Tonton video berita Indonesia viral 2024 dari kanal YouTube resmi Pewarta Network.



Dapatkan berita Republik Indonesia terkini viral 2024, trending terbaru, serta terpopuler hari ini dari media online RepublikIndonesia.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close